PROPOSAL BISNIS TOKO ONLINE SEMBAKO
OLEH :
NAMA : YUNI ANITA
NPM : 29211061
PENDAHULUAN
Latar belakang
Dengan sulitnya memperoleh pekerjaan pada zaman ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak. Dilihat dari segi ekonomi individual tentu saja pengangguran itu sangat merugikan karena manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas. Oleh karena itu sebagai calon tenaga kerja, kita harus mampu berpikir kreatif dan inovatif yang mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkan peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak terfokus hanya pada satu jenis pekerjaan saja.
Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi, karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara.
Dan diharapkan dengan keinginan untuk berfikir kreatif individual dapat berwirausaha agar dapat mengurangi pengangguran yang terjadi
Visi
Menjadikan Toko ONLINE sembako yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya serta memberikan kepuasan yang lebih bagi pelanggan. Adapun yang menjadi misi ini adalah:Berusaha memberikan pelayanan sebaiknya kepada konsumen
Misi
- Mampu menjamin kepuasan konsumen
- Tidak melakukan kecuarangan – kecurangan yang dapat merugikan konsumen
- Berusaha memberikan pelayanan sebaiknya kepada konsumen
- Berusaha mengecilkan tingkat pengangguran
TUJUAN
Tujuan dari usaha sembako ini
· Dapat menjaga kelangsungan usaha dan dapat juga mengembangkannya
· Dengan usaha ini pengalaman dan wawasan si pengusaha dapat bertambah
· Membantu masyarakat agar masyarakat tertarik untuk berwirausaha
· Mendapatkan keuntungan
TINJAUAN USAHA BERDASARKAN BEBERAPA ASPEK
Aspek Legalitas
Usaha ini didirikan dalam bentuk online
Aspek Pemasaran
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan penguasa atau sekaligus sebagai pemilik yaitu dengan membuat pamplet yang cukup besar,mempromosikanya dengan memasang iklan toko online sembako di internet agar masyarakat dengan mudah mengenali tokonya tersebut, jadi pemilik tidak perlu secara gencar mempromosikan karena sudah banyak pelanggan yang tahu dengan toko tersebut, hanya saja sekarang yang menjadi tujuan pemilik adalah bagaimana mempertahankan pelanggannya agar tidak pindah ke pesaing. Dan berusaha memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya agar para pelanggan secara tidak langsung memperomosikan toko online sembako tersebut ke orang lain.
Strategi pemasaran lain yang bisa dilakukan si pemilik yaitu dengan mempromisikan perusahaan tersebut melalui Radio, ataupun Koran, dan bisa juga brosur.
Aspek Keuangan
Sistem Pelaksanaan Usaha
Setelah melakukan langkah-langkah dalam konsep dasar berusaha, maka usaha dapat dimulai dengan kalkulasi anggaran sebagai berikut:
Pengeluaran
Modal tetap, meliputi:
a) Sewa Tempat : Rp. 8.000.000,-/thn
Jadi toko tersebut disewa dalam jangka 5 tahun
= Rp.8000.000 * 5
=Rp.40.000.000.
b) Modal awal:
Stok produk-produk sembako:
- 2 kwintal beras Rp 1.300.000,00
- 20 kg gula pasir Rp 190.000,00
- 20 kg minyak goreng Rp 250.000,00
- 10 kg telur ayam Rp 110.000,00
- 10 kg tepung terigu Rp 95.000,00
- 10 susu kaleng Rp 65.000,00
- Stok Teh dan kopi Rp 100.000,00
- Aneka sabun cuci Rp 100.000,00
- Aneka sabun mandi Rp 100.000,00 +
Total Rp 2.310.000,00 +
Total modal Rp 3.810.000,00
Peralatan mengalami penyusutan setelah 3 tahun (36 bulan) pemakaian,
Rincian : 1/36 x Rp 1.500.000,00 = Rp 41.700,00
Biaya operasional per bulan
Belanja barang dagangan Rp 3.000.000,00
Biaya listrik Rp 100.000,00
Biaya transportasi belanja Rp 150.000,00
Biaya penyusutan peralatan Rp 41.700,00 +
Total Rp 3.291.700,00
Omset per bulan
Penjualan per hari rata-rata Rp 150.000,00
Omset per bulan @ Rp 150.000,00 x 30 hari Rp 4.500.000,00
Laba bersih per bulan
Rp 4.500.000,00 - Rp 3.291.700,00 = Rp 1.208.300,00
ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan) = ± 3 bulan
C). Alat-alat Pendukung Penjualan seperti :
1. Alat tulis
2. Buku kuitansi
3. Timbangan
4 etalase
5 rak
6 kalkulator
7 komputer & internet
Aspek Manajemen
Struktur Organisasi
Karyawan Bagian Penjualan | Karyawan Bagian Penjualan | Karyawan Bagian Penjualan |
Usaha ini merupakan usaha menangah jadi tenaga kerja yang dibutuhkan juga tidak banyak. Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan adalah:
Jabatan | Jumlah | Jam Kerja | Job Desription |
Pemilik Toko | 1 | 08.0 – 18.00 | Pengusaha dalam toko ini, dimana tugasnya yaitu merencanakan, mengorganisir, serta mengawasi jalannya usaha.
. |
Karyawan Bagian Penjualan | 3 | 08.00 – 17.00 |
Baik dalam penjualan ataupun informasi tentang produk.
|
Aspek Teknis
SARANA PRASARANA
A. Lokasi Perusahaan
Lokasi tempat usaha ini berada di pusat kota jakarta dan tersedia online sehingga memudahkan konsumen dalam mengetahuinya.
B. Ketersediaan SDM
Pengelolaan Usaha ini tidak begitu membutuhkan keahlian khusus
C. Sistem Manajemen Usaha
Sistem manajemen dalam usaha adalah pemilik sebagai pemegang keputusan tertinggi. jadi yang memimpin jalannya usaha adalah pemilik usaha tersebut. Para karyawan tidak mempunyai wewenang terkecuali jika si pemilik memberikan wewenang kepada si karyawan.
ANALISIS SWOT
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal/aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan(strenght), kelemahan(waekness), kesempatan(opportunities), dan ancaman (threath). Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses. Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas:
a. Strenght
1). Membuka Toko sembako tidak akan mengalami kerugian yang besar seandainya usaha tersebut tidak berjalan
a. Strenght
1). Membuka Toko sembako tidak akan mengalami kerugian yang besar seandainya usaha tersebut tidak berjalan
2). Jumlah karyawan yang dibutuhkan tidak begitu besar
b. Weakness
1). Mudah mendapatkan karyawan karena yang bisa menjadi karyawan dari usaha ini tidak harus mempunyai pengalaman sebelumnya
2). Banyaknya pesaing yang beroperasi di daerah tempat yang sama
1). Mudah mendapatkan karyawan karena yang bisa menjadi karyawan dari usaha ini tidak harus mempunyai pengalaman sebelumnya
2). Banyaknya pesaing yang beroperasi di daerah tempat yang sama
c. Opportunities
1). Memberikan keuntungan yang cukup besar.
1). Memberikan keuntungan yang cukup besar.
2). Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
Threath
1). Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
2). Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
Threath
1). Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
2). Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
KESIMPULAN
Pendirian usaha ini merupakan suatu peluang bisnis yang baik bagi kami. Apalagi jika kita perhatikan pada saat sekarang ini krisis global yang sedang melanda . . Diharapkan dengan adanya proposal usaha ini dapat membuka wawasan pembaca untuk juga berkeinginan membuka usaha karena kondisi krisis saat ini Tetapi ada yang menjadi kendala dalam usaha ini adalah tambahan modal untuk pengelolaan dan pengembangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar